WhatsApp Icon

Beradaptasi di Era Teknologi, BAZNAS Optimalkan Kantor Digital

Optimalisasi-kantor-digital-Baznas

22/09/2025  |  Penulis: BL-01

Bagikan:URL telah tercopy
Beradaptasi di Era Teknologi, BAZNAS Optimalkan Kantor Digital

Pengajian Setiap Selasa Pagi.

Lampung — Optimalisasi kantor digital Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kinerja pengelolaan zakat, mempermudah akses muzaki, dan memperluas jangkauan publikasi ZIS. Strategi utamanya meliputi peningkatan konten dan aktivasi platform digital seperti website, media sosial, dan WhatsApp, dukungan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten.

Hal ini terintegrasi dengan sistem pelaporan dalam Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA). Tujuannya adalah untuk memaksimalkan pengumpulan dan penyaluran dana, meningkatkan kepercayaan publik, dan mencapai efisiensi dalam pengelolaan zakat di seluruh Indonesia.

Maka itu, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BAZNAS RI menggelar pengajian via zoom setiap Selasa pukul 06.00 s.d. 07.30 WIB. Sebagai narasumber pengajian tersebut adalah Achmad Setio Adi Nugroho (Direktur Inovasi dan Teknologi Informasi BAZNAS RI). Acara yang bertema Optimalisasi Kantor Digital itu dipandu oleh Prof. H.M. Nadratuzzaman Hosen (Pimpinan BAZNAS RI Bidang Transformasi Digital Nasional).

Strategi Utama Optimalisasi Kantor Digital BAZNAS

  1. Pemanfaatan Platform Digital Secara Maksimal:
    • Website dan Media Sosial: Memaksimalkan penggunaan website dan platform media sosial (Instagram, Facebook, X, YouTube, TikTok) untuk menyebarkan informasi dan kampanye filantropi.
    • WhatsApp Business API: Memanfaatkan WhatsApp Business API untuk komunikasi yang lebih interaktif, broadcast, dan penyediaan link donasi.
    • Konten Digital yang Menarik: Membuat konten yang kreatif seperti poster dan video yang menarik serta transparan untuk memotivasi donasi.
  2. Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM):
    • Peningkatan Kapasitas Amil: Memastikan amil memiliki kemampuan digital yang memadai untuk mengelola website dan konten digital.
    • Pelatihan Khusus: Mengadakan pelatihan seperti Zakat Public Relation (ZPR) untuk membekali amil dalam mengelola konten dan memperkuat humas digital.
  3. Perbaikan Tata Kelola Sistem Informasi:
    • Integrasi dengan SIMBA: Mengintegrasikan kantor digital dengan sistem pelaporan dan manajemen zakat seperti SIMBA untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas.
    • Pengelolaan Data: Memastikan tersedianya data yang baik untuk mendukung proses pengumpulan, penyaluran, dan pelaporan ZIS.
  4. Penguatan Kampanye Fundraising Digital:
    • Strategi Multiplatform: Mengembangkan strategi fundraising digital yang terukur dengan memanfaatkan karakteristik setiap platform digital.
    • Transparansi dan Pelaporan: Secara berkala melaporkan hasil kampanye dan pengelolaan dana untuk membangun kepercayaan publik.

Manfaat dan Tujuan Optimalisasi

  • Meningkatkan Pengumpulan ZIS: Memudahkan masyarakat untuk berdonasi dan memperluas jangkauan pengumpulan dana zakat.
  • Meningkatkan Pelayanan: Memberikan pelayanan yang lebih baik dan mudah diakses bagi muzaki dan mustahik.
  • Meningkatkan Kepercayaan Publik: Menjadi lembaga yang modern, transparan, dan akuntabel di mata masyarakat.
  • Mencapai Efisiensi Operasional: Mengatasi keterbatasan kantor fisik dan memungkinkan fungsi kantor beralih ke virtual.

  • Anda juga dapat menunaikan zakat, infak, dan sedekah dengan cara transfer via rekening:
  • BSI: 771 166 4477
  • BCA Syariah: 0660 1701 01
  • BTN Syariah: 817 1000 036
  • Bank Lampung: 3800 003031 093

a.n. Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Lampung atau melalui baznas.go.id/bayarzakat. Nantinya Anda akan menerima Bukti Setor Zakat dari BAZNAS. ***

Bagikan:URL telah tercopy
Info Rekening Zakat

Info Rekening Zakat

Mari tunaikan zakat Anda dengan mentransfer ke rekening zakat.

BAZNAS

Info Rekening Zakat